Beruang Madu

Beruang Madu

Friday, December 20, 2013

Mengisi Liburan Dengan Ide Kreatif

Menjelang Liburan sudah pasti anak akan bersantai dan rehat sejenak dari rutinitas sekolah, seperti belajar dan menyiapkan buku-buku sekolahnya.Tentunya sebagai orang tua selalu berkeinginan untuk menjadikan liburan itu berkesan dan memiliki makna dan juga tidak sia-sia untuk dia. Bisa jadi anak akan membagikan cerita itu ke teman-teman sekolah, bahkan mungkin dia akan bercerita didepan kelas pada saat pertama masuk sekolah setelah melewati liburan sekolah.

Bagaimana cara mengisi liburan itu agar bermanfaat tapi tidak membosankan bagi anak ? saya akan bagikan beberapa kegiatan yang mungkin bisa membantu. Kegiatan apa saja ya ?


1. Dekorasi Kamar Tidur
Mari kita ajak anak kita untuk mendekorasi dan menata ulang kamar tidurnya. Orangtua bisa membantu dengan memberikan beberapa gambar desain kamar tidur sebagai ide kreatif. Biarkan anak memilih tema dan warna untuk kamar tidurnya. Dengan mendekorasi kamar tidurnya sendiri, maka anak belajar untuk mengasah kreatifitas dan tentu saja anak akan lebih semangat untuk selalu merapikan dan membersihkan kamar tidurnya. Selain itu bantu anak untuk mempertimbangkan letak tempat tidur lemari dan meja belajarnya, agar anak lebih bersemangat.

2. Menata Ulang Lemari Pakaian

Kadang orangtua kesal karena kebiasaan anak yang selalu membiarkan lemari pakaian berantakan. Ini adalah saat yang tepat untuk orangtua mengajarkan bagaimana cara merapikan pakaian di dalam lemari. Sebenarnya cara ini juga membantu anak agar dapat melatih kemampuan mengorganisir. Dan selain itu juga mengajarkan anak mengenai tanggung jawab, bahwa dia bertanggung jawab dengan isi lemari pakaiannya.

3. Berkebun
Hilangkan pikiran bahwa berkebun harus ada pekarangan luas. Kita bisa memanfaatkan pekarangan atau teras rumah untuk mengajarkan anak berkebun. Kegiatan ini pasti sangat mengasikkan buat anak, karena anak akan bersentuhan langsung dengan Tanah/ Pasir dan Air. Dua elemen ini akan sangat berkesan bagi mereka. Pilihlah tanaman yang mudah untuk dirawatnya atau tanaman yang bisa ditanam di pot, seperti misalnya bibit tomat atau bibit cabe. Jangan lupa untuk memberi hadiah apabila tanaman mereka berbuah.

Mungkin hal-hal diatas bisa membantu para orang tua untuk dapat memikirkan ide kreatif lainnya agar bisa bermanfaat untuk anak dalam mengisi liburannya. Jadi kesimpulannya liburan tidak harus berlibur kesuatu tempat kan..bagaimana?