Beruang Madu

Beruang Madu

Thursday, August 9, 2012

Kerusakan yang disebabkan oleh Malware

   Beberapa kerusakan yang disebabkan oleh virus yang menginfeksi komputer rumah atau jaringan perusahaan bisa berbeda. Dengan peningkatan yang signifikan dalam lalu lintas data (jika komputer terinfeksi oleh Trojan mengirimkan Spam). Skala kerusakan tergantung pada target dari virus dan kadang-kadang hasil kegiatannya tak terlihat bagi para pengguna komputer yang diserang.


Kegagalan Hardware
   Virus jarang menyebabkan kegagalan hardware seperti komputer modern relatif terlindung dengan baik dari kesalahan software. namun tahun 1999 virus CIH, juga dikenal sebagai Chernobyl, mengganggu pengoperasian setiap sistem yang terinfeksi dengan menghapus data di BIOS Flash, sehingga mustahil untuk booting.
   Pengguna rumahan harus mengunjungi pusat layanan untuk mendapatkan BIOS flsh ditulis ulang untuk mengembalikan mesin ke kondisi normal. Pada banyak laptop BIOS flash disolder langsung dengan motherboard, bersama dengan drive, kartu video dan perangkat keras lainnya. Ini berarti bahwa dalam banyak kasus biaya perbaikan melebihi biaya laptop baru.
   Kerusakan yang disebabkan oleh serangan sukses yang menghapus data pengguna dapat diukur dalam hal nilai dari informasi yang terhapus. Jika serangan itu ditargetkan komputer rumah digunakan untuk hiburan, kerusakan mungkin minimal. Pencurian informasi penting dapat mengakibatkan hilangnya data dari pekerjaan selama bertahun-tahun, seperti arsip foto atau beberapa jenis korespondensi. Cara yang sering diabaikan untuk mencegah kehilangan data adalah backup secara teratur.
   Jika data dicuri sebagai hasil dari serangan yang ditargetkan pada individu tertentu, kerusakan dapat menjadi luar biasa, terutama jika data milik perusahaan atau bahkan negara.

Bandwith Terkuras
   Banyak Trojan dan virus hadir secara diam-diam dalam system. Virus dapat menyusup diam-diam ke system, dan kedua file dan system akan tetap beroperasi. Trojan dapat menyembunyikan diri dalam system dan melakukan hal tersembunyi sehingga segalanya tampak baik, namun itu hanya kedok.
   Sebuah virus pada jaringan perusahaan dapat dianggap sebagai force majeure dan kerusakan yang disebabkan oleh hal yang sama dengan kerugian yang terkait dengan downtime jaringan. Trojan dapat mengubah komputer jaringan menjadi server zombie mengirimkan spam, selain itu mampu menghabiskan bandwidth jaringan dan resource Internet.