Beruang Madu

Beruang Madu

Friday, September 21, 2012

Sekadau Harumkan Kalbar

Penyaji Begoday asal Kab. Sekadau
Musik Daerah adalah jenis musik yang diciptakan berdasarkan ispirasi dan kecintaan penciptanya dengan budaya dan adat istiadat daerah asalnya. Selain itu juga biasa digunakan dalam upacara-upacara adat setempat.

Gelaran Parade Musik Daerah juga sebagai sarana pelestarian Budaya dan Kesenian Nusantara yang dikenal sangat beragam.

Dalam gelaran Parade Musik Daerah I se-Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kalbar dinobatkan sebagai Penyaji Musik Daerah terbaik tingkat nasional. Menariknya, sebagian besar dari anggota parade musik itu berasal dari Kabupaten Sekadau.


“Kita bangga, sungguh tidak menyangka bisa meraih penyaji terbaik senasional ini, ini jadi kebanggaan kita seniman-seniman muda Kalbar dan Kabupaten Sekadau,” tutur Fery Sape’, salah seorang seniman Kalbar yang ikut sebagai pemain musik garapan “Begobay”.

Persiapan latihan yang minim sekitar kurang lebih dua minggu terasa tak cukup untuk meraih prestasi terbaik dan itu diakui para seniman muda Kalbar ini. Garapan musik Begobay yang dimainkan Fery Sape, Jalok (Januar digdo Soera), Yoyo Paris, Edwin Paris, Christ Taena, Jimi, Sinai, Fay Flut, dan vokal Cicilia Eva disinopsiskan sebagai kecintaan dan kesenangan anak-anak di tanah Borneo itu, mampu mengalahkan musik tradisional mendunia asal Bali, Jawa, dan daerah lain di Indonesia.

Sinopsis karya musik Begobay adalah musik tabuhan yang menggambarkan ekspresi jiwa anak-anak Borneo. “Hati yang gembira, hati yang bersukacita, nurani yang bernyanyi, nurani yang menari. Kami berteriak, kami senang berdiri di sana, kami damai hidup di sana, di tanah kami, tanah Borneo,” kutipan sinopsis karya musik Begobay para musisi Puyang Gana.

“Konsep Begobay menurut kami adalah bergembira, menunjukkan ada kesenangan di Pulau Borneo,” kata sang vokalis, Cicilia Eva.

Bupati Sekadau Simon Petrus secara khusus memberi apresiasi kepada seluruh musisi Puyang Gana yang telah membawa nama Sekadau di tingkat nasional mewakili Kalbar.

“Mereka adalah generasi muda berbakat dan ini merupakan aset kabupaten Sekadau. Atas nama pemerintah daerah, pribadi, dan keluarga saya mengucapkan terima kasih atas prestasi yang dicapai anak-anak kita mewakili masyarakat Kabupaten Sekadau,” kata Simon bangga.

Peserta Gelaran Parade Musik Daerah I
Dalam gelaran Parade Musik Daerah I yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah ini diikuti oleh 15 Provinsi, yaitu :

  1. Jawa Timur
  2. Jawa Barat
  3. Kalimantan Barat (Penyaji Musik Daerah Terbaik Nasional)
  4. Sulawesi Tengah
  5. Lampung
  6. Bali
  7. Nusa Tenggara Barat
  8. DKI Jakarta
  9. Maluku
  10. Papua
  11. Sumatera Selatan
  12. Bengkulu
  13. Sumatera Utara
  14. Kalimantan Tengah
  15. D.I. Yogyakarta


sumber :