Beruang Madu

Beruang Madu

Friday, April 26, 2013

Hewan Melata - Ular

Sudah lama ga posting...kali ini coba-coba mengangkat tema Hewan Melata, jenis Ular...
Kenapa ular? ini jadi penasaran sama diri sendiri...gara-gara beberapa kali aku nangkap ular jenis ular sawah di rumah tetangga (hahahaha...kaya' pawang aja).

Jadi agak penasaran koq bisa banyak ular belakangan keluar ya? untuk gambaran bahwa pemukiman tempat aku tinggal di Balikpapan, adalah di daerah pesisir hutan mangrove...dulu hutan ini lebat dan sangat terawat, tapi belakangan dengan perkembangan kota dan daerah tempat aku tinggal dijadikan kawasan industri, maka hutan manggrove mulai dirambah alias ditebang.

Hutan Mangrove Margomulyo - Balikpapan Barat



Mungkin ini juga menjadikan beberapa hewan melata seperti ular, biawak dan beberapa hewan melata penghuni hutan manggrove itu bermigrasi sampai ke daerah pemukiman (walaupun mereka bersembunyi diselokan atau di bawah kolong rumah), tapi naas buat beberapa hewan yang salah alamat, seperti beberapa ekor biawak dan ular yang sempat aku tangkap hidup-hidup tapi akhirnya mati ditangan orang lain (padahal maksudku "tolong dibuang ya..").
Oke...untuk kali ini kita bahas Ular dulu deh..

Apakah Ular itu ?
Ular adalah reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka tutup. Akan tetapi untuk kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnya Ophisaurus spp.) perbedaan ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan.

Habitat dan Makanan
Ular merupakan salah satu reptil yang paling sukses berkembang di dunia. Di gunung, hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan, dapat ditemukan ular. Hanya saja, sebagaimana umumnya hewan berdarah dingin, ular semakin jarang ditemui di tempat-tempat yang dingin.
Banyak jenis-jenis ular yang sepanjang hidupnya berkelana di pepohonan dan hampir tak pernah menginjak tanah. Banyak jenis yang lain hidup melata di atas permukaan tanah atau menyusup-nyusup di bawah serasah atau tumpukan bebatuan. Sementara sebagian yang lain hidup akuatik atau semi-akuatik di sungai-sungai, rawa, danau dan laut.

Kebiasaan dan Reproduksi
Ular memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil dari tubuhnya. Ular-ular perairan memangsa ikan, kodok, berudu, dan bahkan telur ikan. Ular pohon dan ular darat memangsa burung, mamalia, kodok, jenis-jenis reptil yang lain, termasuk telur-telurnya. Ular-ular besar seperti ular sanca kembang dapat memangsa kambing, kijang, rusa dan bahkan manusia.
Ular memakan mangsanya bulat-bulat; artinya, tanpa dikunyah menjadi keping-keping yang lebih kecil. Gigi di mulut ular tidak memiliki fungsi untuk mengunyah, melainkan sekedar untuk memegang mangsanya agar tidak mudah terlepas. Agar lancar menelan, ular biasanya memilih menelan mangsa dengan kepalanya lebih dahulu.
Beberapa jenis ular, seperti sanca dan ular tikus, membunuh mangsa dengan cara melilitnya hingga tak bisa bernapas. Ular-ular berbisa membunuh mangsa dengan bisanya, yang dapat melumpuhkan sistem saraf pernapasan dan jantung (neurotoksin), atau yang dapat merusak peredaran darah (haemotoksin), dalam beberapa menit saja. Bisa yang disuntikkan melalui gigitan ular itu biasanya sekaligus mengandung enzim pencerna, yang memudahkan pencernaan makanan itu apabila telah ditelan.
Untuk menghangatkan tubuh dan juga untuk membantu kelancaran pencernaan, ular kerap kali perlu berjemur (basking) di bawah sinar matahari.
Kebanyakan jenis ular berkembang biak dengan bertelur. Jumlah telurnya bisa beberapa butir saja, hingga puluhan dan ratusan butir. Ular meletakkan telurnya di lubang-lubang tanah, gua, lubang kayu lapuk, atau di bawah timbunan daun-daun kering. Beberapa jenis ular diketahui menunggui telurnya hingga menetas; bahkan ular sanca ‘mengerami’ telur-telurnya.
Sebagian ular, seperti ular kadut belang, ular pucuk dan ular bangkai laut ‘melahirkan’ anak. Sebetulnya tidak melahirkan seperti halnya mamalia, melainkan telurnya berkembang dan menetas di dalam tubuh induknya (ovovivipar), lalu keluar sebagai ular kecil-kecil.
Sejenis ular primitif, yakni ular buta atau ular kawat Rhampotyphlops braminus, sejauh ini hanya diketahui yang betinanya. Ular yang mirip cacing kecil ini diduga mampu bertelur dan berbiak tanpa ular jantan (partenogenesis).


Ular Sawah
Macam-macam Ular
Ular ada yang berbisa (memiliki racun, venom/venomous), namun banyak pula yang tidak. Akan tetapi tidak perlu terlalu kuatir bila bertemu ular. Dari antara yang berbisa, kebanyakan bisanya tidak cukup berbahaya bagi manusia. Lagipula, umumnya ular pergi menghindar bila bertemu orang.
Ular-ular primitif, seperti ular kawat, ular karung, ular kepala dua, dan ular sanca, tidak berbisa. Ular-ular yang berbisa kebanyakan termasuk suku Colubridae; akan tetapi bisanya umumnya lemah saja. Ular-ular yang berbisa kuat di Indonesia biasanya termasuk ke dalam salah satu suku ular berikut: Elapidae (ular sendok, ular belang, ular cabai, dll.), Hydrophiidae (ular-ular laut), dan Viperidae (ular tanah, ular bangkai laut, ular bandotan).
Beberapa jenisnya, sebagai contoh:
  • suku Typhlopidae
    • ular kawat (Rhamphotyphlops braminus)
  • suku Cylindrophiidae
    • ular kepala-dua (Cylindrophis ruffus)
  • suku Pythonidae
    • ular sanca kembang (Python reticulatus)
    • ular peraca (P. curtus)
    • ular sanca hijau. (Morelia viridis')
  • suku Acrochordidae
    • ular karung (Acrochordus javanicus)
  • suku Xenopeltidae
    • ular pelangi (Xenopeltis unicolor)
  • suku Colubridae
  • ular siput (Pareas carinatus)
  • ular-air pelangi (Enhydris enhydris)
  • ular kadut belang (Homalopsis buccata)
  • ular cecak (Lycodon capucinus)
  • ular gadung (Ahaetulla prasina)
  • ular cincin mas (Boiga dendrophila)
  • ular terbang (Chrysopelea paradisi)
  • ular tambang (Dendrelaphis pictus)
  • ular birang (Oligodon octolineatus)
  • ular tikus atau ular jali (Ptyas korros)
  • ular babi (Elaphe flavolineata)
  • ular serasah (Sibynophis geminatus)
  • ular sapi (Zaocys carinatus)
  • ular picung (Rhabdophis subminiata)
  • ular kisik (Xenochrophis vittatus)
  • suku Elapidae
    • ular cabai (Maticora intestinalis)
    • ular weling (Bungarus candidus)
    • ular sendok (Naja spp.)
    • ular king-cobra (Ophiophagus hannah)
  • suku Viperidae
    • ular bandotan puspo (Vipera russelli)
    • ular tanah (Calloselasma rhodostoma)
    • ular bangkai laut (Trimeresurus albolabris)
Nah...dari jenis-jenis ular ini yang beberapa kali aku tangkap adalah termasuk jenis ular sanca, walaupun termasuk tidak berbisa, tapi jenis ular ini bisa mencapai panjang 10 meter atau bahkan lebih. Dan berarti juga yang kutangkap masih tergolong ular yang kecil kisaran panjang 1 meter s/d 1,5 meter..(ga kebayang dah aku kalo ketemu emaknya ular ini).

Untuk mengidentifikasi ular ini terbilang agak mudah yaitu umumnya bertubuh besar dan kepala tidak seperti mata tombak.Dan umumnya di Nusanatara penyebarannya ada di Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

Sanca kembang hidup di hutan-hutan tropis yang lembap (Mattison, 1999). Ular ini bergantung pada ketersediaan air, sehingga kerap ditemui tidak jauh dari badan air seperti sungai, kolam dan rawa.
Makanan utamanya adalah mamalia kecil, burung dan reptilia lain seperti biawak. Ular yang kecil memangsa kodok, kadal dan ikan. Ular-ular berukuran besar dilaporkan memangsa anjing, monyet, babi hutan, rusa, bahkan manusia yang ‘tersesat’ ke tempatnya menunggu mangsa (Mattison 1999, Murphy and Henderson 1997, Shine et al. 1999). Ular ini lebih senang menunggu daripada aktif berburu, barangkali karena ukuran tubuhnya yang besar menghabiskan banyak energi.
Mangsa dilumpuhkan dengan melilitnya kuat-kuat (constricting) hingga mati kehabisan napas. Beberapa tulang di lingkar dada dan panggul mungkin patah karenanya. Kemudian setelah mati mangsa ditelan bulat-bulat mulai dari kepalanya.
Setelah makan, terutama setelah menelan mangsa yang besar, ular ini akan berpuasa beberapa hari hingga beberapa bulan hingga ia lapar kembali. Seekor sanca yang dipelihara di Regent’s Park pada tahun 1926 menolak untuk makan selama 23 bulan, namun setelah itu ia normal kembali (Murphy and Henderson 1997).

Sanca --terutama yang kecil-- kerap dipelihara orang karena relatif jinak dan indah kulitnya. Pertunjukan rakyat, seperti topeng monyet, seringkali membawa seekor sanca kembang yang telah jinak untuk dipamerkan. Sirkus lokal juga kadang-kadang membawa sanca berukuran besar untuk dipamerkan atau disewakan untuk diambil fotonya.
Sanca banyak diburu orang untuk diambil kulitnya yang indah dan bermutu baik. Lebih dari 500.000 potong kulit sanca kembang diperdagangkan setiap tahunnya. Sebagian besar kulit-kulit ini diekspor dari Indonesia, dengan sumber utama Sumatra dan Kalimantan. Semua adalah hasil tangkapan di alam liar.
Jelas perburuan sanca ini sangat mengkhawatirkan karena mengurangi populasinya di alam. Catatan dari penangkapan ular komersial di Sumatra mendapatkan bahwa sanca kembang yang ditangkap ukurannya bervariasi antara 1 m hingga 6 m, dengan rata-rata ukuran untuk jantan 2.5 m dan betina antara 3.1 m (Medan) – 3.6 m (Palembang). Kira-kira sepertiga dari betina tertangkap dalam keadaan reproduktif (Shine et al. 1999). Hingga saat ini, ular ini belum dilindungi undang-undang. CITES (konvensi perdagangan hidupan liar yang terancam) memasukkannya ke dalam Apendiks II.

Jadi sekarang sudah jelaslah kenapa, dalam beberapa bulan terakhir ini beberapa ekor ular pada migrasi ke pemukiman begitu juga dengan nasib biawak dan hewan melata lainnnya, karena lingkungan hutan tempat mereka tinggal udah mulai rata dengan bangunan-bangunan industri.

Sayang waktu aku nangkap ular-ular itu ga ada yang berani foto :-)) padahalkan bisa dipajang nih..... :-p



sumber :
- Ular
- Ular Sanca Kembang