Beruang Madu

Beruang Madu

Friday, December 20, 2013

Teknis Parenting Untuk Anak Usia Dini

LATAR BELAKANG

Anak adalah amanah yang harus diperhatikan gizi dan kesehatannya, dirawat, diasuh, dididik dan dilindungi seoptimal mungkin. Hal itu dilakukan upaya anak menjadi orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, cerdas, ceria, sehingga berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Usia dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan. Pada masa ini, seluruh instrumen besar manusia terbentuk, bukan hanya kecerdasannya saja tetap juga seluruh kecakapan psikisnya. Para ahli menyebut peiode ini sebagai USIA EMAS PERKEMBANGAN.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat mendasar dalam mengoptimalkan semua potensi anak. Keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dilindungi dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Menurut Ki Hadjar Dewantara "Keluarga adalah Lingkkungan Pendidikan yang Pertama dan Utama". Dengan demikian, peran keluarga dalam hal penidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal.
Keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan.

PENGERTIAN DASAR

Pendidikan  anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangn jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Keluarga adalah unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial daan fungsi pendidikan.

DASAR HUKUM

  • Undang-Undang RI. Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
  • Undang-Undang RI. Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Peraturan Pemerintah RI. Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Permendiknas RI. No.31 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal.
  • Permendiknas RI. Nomor 58 tahun 2009 tentang standar Pendidikan Anak Usia Dini.

TUJUAN

  • Tujuan Umum : Meningkatkan mutu pelaksanaan PAUD berbasis keluarga
  • Tujuan Khusus :
  1. Sebagai pedoman bagi lembga PAUD atau lembaga lainnya dalam menyelenggarakan Program PAUD Berbasis Keluarga.
  2. Sebagai pedoman bagi petugas Dinas Pendidikan dan mitra terkait dalam mlakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan Program PAUD Berbasis Keluarga.
  • Tujuan Program :
  1. Meningkatkan kesadaran orangtua atau anggota keluarga lain sebgai pendidik yang pertama dan utama.
  2. Menigkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan orangtua atau anggota keluarga lain dalam melakukan peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengsuhan, pendidikan dan perlindungan anak.
  3. Meningkatkan peran serta orangtua atau anggota keluarga lain dalam proses pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD maupun di lingkungan masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu pelaksanaan PAUD berbasis keluarga.

PENYAMAAN PERSEPSI

  • Merupakan suatu kegiatan untuk memperjlas makna dan kesepahaman orangtua tentang Program PAUD Berbasis Keluarga
  • Penyamaan persepsi ini dilakukan melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab.

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN ANAK

Pemahaman orangtua tentang anak
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang pemahaman ini adalah :
  • Pengetahuan orangtua tentang tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak
  • Pengetahuan orangtua tentang perkembangan otak anak
  • Pengetahuan orangtua tentang pembentukan perilaku anak
Harapan orangtua tentang anak
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang harapan ini adalah :
  • Harapan orangtua terhadap anak
  • Kegiatan orangtua untuk mencapai harapan.
Pola asuh yang dilakukan orangtua di rumah
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang pola asuh ini adalah :
  • Pola asuh yang diterapkan selama ini
  • Hasil yang telah dicapai
  • Kesulitan/ permasalahan yang dihadapi
Pemberian makanan yang bergizi
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang pemberian makan yang bergizi ini adalah :
  • Makanan bergizi
  • Pengolahan makanan yang bergizi
  • Kebiasaan pemberian makanan kepada anak
  • Kesuliatan dalam pemberian makanan
Stimulasi Pendidikan yang dilakukan terhadap anak
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang stimulasi pendidikan ini adalah :
  • Berbagai stimulasi yang dilakukan dirumah
  • Kebiasaan dan kemampuan bercerita terhadap anak
  • Respon terhadap aktivitas anak
  • Pemanfaatn APE (Alat Peraga Edukasi) di rumah


Perlindungan terhadap anak
Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menggali informasi tentang perlindungan ini adalah :
  • Makna anak dalam dimensi hukum
  • Pencegahan Kekerasan terhadap anak
  • Kenyamanan dan keamanan anak di rumah





Sumber : 
- Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga