Beruang Madu

Beruang Madu

Thursday, September 20, 2012

Error Printer yang Sering Terjadi

Printer adalah salah satu perangkat output yang digunakan untuk mencetak data secara fisik. Sebagai salah satu bagian dari perangkat kerja printer juga sering digunakan, baik itu untuk pribadi, kantor, sekolah bahkan dunia periklanan sekalipun sangat tergantung dengan perangkat yang satu ini.
Sering juga kita mengalami error printer pada saat akan menggunakannya. Dan gangguan seperti ini sering terjadi apabila printer kita pakai terus menerus. Kali ini saya beri tips untuk mengatasi Printer yang Error, tips ini juga dapatnya dari hasil browsing di tambah beberapa pengalaman.
Oke kita mulai...


Printer tidak dapat mencetak
Tipsnya coba periksa kabel power printer (yang kelistrik), pastikan kabel power telah terpasang dengan benar ke di printer dan di stop kontak.

Printer mati total
Pastikan saklar "ON/OFF" dalam posisi "ON" beberapa printer memiliki indikator Led yang menyala apabila printer pada posisi ON, namun beberapa printer tidak memiliki Led sebagai indikator sebagai contoh printer lama BJC 1000, S100,dll. Anda dapat mendengar dari pergerakan motor stepper (yang menggerakkan Head Printer), kalau sama sekali tidak bergerak, biasanya kerusakan terjadi pada power suplay-nya. Namun apabila Power suplay diperiksa dengan Volt Meter/ AVO meter dalam keadaan baik, dan saat kabel data-nya dikoneksikan ke komputer dan terdeteksi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah pada Mainboard-nya. Solusi-nya ganti mainboard atau beli printer baru (pilih yang terbaik aja...).

Halaman yang dicetak tidak lengkap
Karakter yang dicetak aneh, oke coba periksa koneksi kabel data printermu, apakah sudah terhubung dengan benar. Bila sudah benar, coba dengan mengunakan kabel data yang lain yang kondisinya baik (dapat berfungsi pada printer lain), bagian kabel data, atau retaknya solderan kabel terhadap konektor kabel data, namun Anda jangan terburu-buru untuk membeli kabel data, Anda dapat meminjam milik teman Anda untuk memastikan permasalahannya.

Lampu indicator hanya berkedip(blinking)
Pastikan Driver Printer telah terinstalasikan dengan baik, periksa juga port settingnya apakah sudah benar atau tidak (opsi ini dapat Anda lihat melalui menu properties printer).
Printer tidak dapat menarik kertas/ kertas tidak dapat keluar dengan sempurna dari printer, coba ubah setting printer menjadi “Default Printer” atau cobalah untuk melakukan instalasi ulang driver untuk printer Anda dengan nama printer yang lain dan ubahlah instalasi baru tersebut sebagai “Default Printer”.

Hasil cetakan kosong (blank), bergaris-garis, putus-putus, warna kurang bagus
Pastikan Anda memiliki space hardisk yang mencukupi. Kadang jika buffer tidak cukup maka data tidak dapat dikirim ke printer dengan sempurna. Atau bisa janji tinta di catridge kurang atau bahkan sudah kosong.

Printer lambat waktu cetak
Cobalah untuk merubah setting “spooler” untuk printer  melalui menu properties printer. Fitur “spooler” ini digunakan dengan tujuan agar tetap dapat menjalankan aplikasi ketika dilakukan pencetakan dokumen.
Font yang tercetak tidak sama dengan yang di tampilkan pada monitor
Periksalah apakah ada resource yang konflik dengan port yang digunakan oleh printer anda. atau mungkin bisa jadi driver printer salah.

Cetakan Kabur
Cetakan kabur biasanya terjadi karena salah satu kondisi berikut: toner/tinta printer sudah mulai habis, ketebalan cetak terlalu rendah, economode printing diaktifkan. Untuk dua kondisi terakhir Anda bisa melihatnya dari printer self-test (biasanya ada tombol terpisah pada printer). Jika economode diaktifkan, dan user mengeluh bahwa hasil cetak kabur, nonaktifkan dan/ atau set ketebalan cetak lebih tinggi. Jika toner/ tinta mulai habis, menggoyang-goyangkan cartridge supaya toner/ tinta lebih merata bisa mengatasi masalah secara sementara.


Cetakan Berbayang
Berbayang merupakan kondisi dimana gambar tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang juga tercetak. Ini bisa terjadi karena outlet listrik yang mensuplai listrik ke printer. Cek outlet listrik dengan menghubungkan printer lain untuk melihat apakah masalah yang sama muncul. Berbayang juga bisa disebabkan karena penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya (misalnya drum atau imaging kit). Semua spare part berkala mempunyai masa pakai untuk sejumlah kertas tertentu. Begitu printer mencapai angka yang ditentukan, Anda harus mengganti spare part tersebut untuk menghilangkan bayangan.

Toner Luntur
Jika hasil cetak luntur pada waktu disentuh dengan tangan, ada beberapa kemungkinan yang penyebabnya. Pertama, fuser rusak atau hampir habis masa pakainya. Solusinya adalah dengan menggantinya. Memperbaiki fuser tidak dianjurkan karena fuser termasuk spare part berkala dan tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk memperbaikinya. Kedua, toner cartrigde mungkin rusak sehingga terlalu banyak toner yang keluar. Pada printer laser hitam dan putih, solusinya adalah dengan mengganti toner cartrigde. Pada printer laser warna, ganti cartrigde yang bermasalah. Ketiga, ada toner yang tumpah di printer. Jika ya...silahkan dibersihkan.

Kehilangan Driver untuk Operating System tertentu
Begitu operating system baru dirilis, driver baru untuk printer eksisting juga akan dirilis. Namun, tidak semua printer mempunyai driver untuk setiap OS. Pada kasus ini, yang terbaik adalah mengacu ke manual printer dan cari driver apa yang bisa menyimulasikan printer eksisting. Meskipun tidak semua fungsi printer tersedia pada waktu simulasi, paling tidak masih bisa mencetak biasa. Dan sekarang semua merk printer sudah bisa di download di URL nya koq...

Mencetak pada paper tray yang salah
Lihat dua tempat untuk memperbaiki error ini. Pertama, lihat pada PC yang mencetak. Kedua, lihat printer. Jika aplikasi diset ke paper tray yang salah, Anda bisa memperbaikinya dari dalam aplikasi dengan mengklik Printer Properties dan cari opsi pemilihan tray. Pada printer, pastikan ukuran kertas di paper tray sudah cocok dengan yang di control panel.

Menarik semua kertas yang ada pada Tray
Jika printer menarik semua kertas dari tray (bukan satu lembar), maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab untuk memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Anda bisa memesan dan menginstalasi pad baru tanpa harus mengirim printer ke tempat reparasi. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kertas basah akibat kelembapan. Pastikan kertas tersimpan dengan baik dan kibas-kibaskan sebelum dimasukkan ke dalam printer.

Pada saat ngeprint macet, karena antrian print banyak
Hapus antrian print pada jendela print queue (double klik icon printer dibawah taskbar), lalu pilih daftar antrian file yang akan dihapus (klik kanan, pilih cancel). Lalu hapus file yang ada didalam C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS. Lalu close session.

Itu dulu tips untuk mengatasi beberapa jenis error pada printer...nanti kalo ada kasus baru kita info lagi...


sumber :
Trik Service Printer
Tips mengatasi Printer Error